Pengertian Puasa

Pengertian Puasa

Pengertian Puasa dalam al-Qur’an dan al-Hadits disebut dengan kata ash-shiyaam atau ash-shoum, dan secara harfiah berarti اَلْإِمْسَاكُ وَالْكَفُّ عَنِ الشَّيْءِ (menahan diri dari sesuatu).

Menurut istilah agama Islam, pengertian puasa adalah “menahan diri dari makan, minum, hubungan seksual dan segala yang membatalkan sejak dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat karena Allah.”

Jadi intisari puasa itu adalah menahan diri dari perbuatan-perbuatan yang bersifat membatalkan puasa dengan niat karena Allah subhanahu wa ta’aala. Puasa merupakan salah satu jenis ibadah mahdloh dalam Islam.

Dalam agama Islam ibadah itu ada yang berupa “melakukan perbuatan” seperti mengerjakan sholat, membayar zakat dan melaksanakan ibadah haji; dan ada pula yang berupa “tidak melakukan perbuatan.” Puasa termasuk jenis ibadah yang terakhir ini. Perlu ditegaskan bahwa tidak berbuat di sini bukan suatu hal yang negatif. Sebaliknya ia merupakan suatu sikap positif karena ia merupakan suatu yang dijalani dengan sadar dan atas kemauan sendiri dalam rangka beribadah semata-mata karena Allah subhanahu wa ta’aala. Manusia dalam banyak hal perlu memilikikemampuan untuk menahan diri; orang yang tidak mempunyai kemampuan menahan diri adalah orang yang negatif. Puasa menumbuhkan kemampuan menahan diri dan dengan demikian memperkokoh kepribadian. Dalam arti inilah puasa yang merupakan sikap tidak berbuat itu memiliki makna yang positif.

Tinggalkan komentar