8 Cara Menghafal Quran untuk Orang Sibuk

8 Cara Menghafal Quran untuk Orang Sibuk

Hifz atau menghafal Al-Quran dengan cara sederhana adalah impian bagi setiap Muslim. Namun, kebanyakan saudara-saudara kita banyak yang mengeluh karena padatnya jadwal harian mereka, mereka tidak memiliki waktu mengabdikan diri untuk menghafal Al-Quran. Beberapa ulama Hafidz Quran memberikan tips tentang cara menghafal Quran. Mereka memberi tips khusus cara menghafal quran untuk orang sibuk baik di tempat kerja maupun kesibukan di rumah tangga.

Baca juga Cara Cepat Menghafal Quran Untuk Anak

Cara menghafal Quran untuk orang sibuk

1. Bangun Pagi Lebih Awal

Bangun lebih pagi sebelum Subuh, jika sempat laksanakan sholat Subuh berjamaah di masjid. Setelah sholat subuh, lupakan sejenak untuk menonton menonton TV atau berinternet, luangkan beberapa menit untuk menghafal Al Quran.

2. Tetapkan target hafalan yang realistis sesuai kemampuan

Anda mungkin merasa sanggup untuk menghafal satu atau dua halaman per hari . Namun, Anda mungkin akan segera menyerah karena sedikitnya waktu luang. Cobalah untuk mulai dengan menghafal tiga hingga lima baris atau ayat setiap hari.
Dedikasikan waktu setidaknya 20 menit untuk menghafal. Teknik semacam ini bisa efektif bahkan untuk orang-orang tersibuk.

3. Gunakan Tehnik Keakraban

Pada awalnya, ketika Anda memulai menghafal Al Quran, Anda secara alami akan menemukan ayat-ayat yang asing. Oleh karena itu, anda buat ayat-ayat itu akrab dengan Anda dengan menulis lima ayat ke selembar kertas, pahami arti dan maksud ayat sambil mempelajarinya dengan hati. Selanjutnya, baca ayat-ayat tersebut berulang kali selama beberapa minggu agar menjadi akrab dengan anda dan untuk mempertahankan semua ayat tersebut kedalam ingatan.

4. Selalu membawa ayat-ayat yang sedang dihafal

Gunakan setiap waktu luang sepanjang hari untuk membaca dan menghafal ayat-ayat Quran yang Anda targetkan untuk menghafalnya. Misalnya, ketika Anda menunggu bus, menunggu antrian di pelayanan umum dan lain sebagainya.
Anda dapat menyimpan daftar ayat-ayat tersebut dalam tas pinggang atau saku atau di foto ke handphone agar mudah mendapatkannya setiap kali Anda akan menghafalkannya.

5. Membaca di setiap Shalat setiap ayat yang Anda hafal

Untuk lebih menguatkan hafalan, anda dapat membaca ayat-ayat yang telah dihafalkan setiap hari , ketika anda menunaikan sholat. Selain Sholat berjamaah yang dikeraskan bacaan imamnya (Sholat Maghrib, Isya dan Subuh), diutamakan ketika sholat sunnah khususnya sholat tahajud.
Dalam setiap rakaat, Anda dapat menggilir lima ayat hafalan harian atau ayat hafalan hari sebelumnya.

6. Tingkatkan Target Hafalan Anda

Jika telah menghafal Quran satu halaman, pada akhir minggu Anda telah siap untuk menghafal halaman kedua dan pola ini terus berlanjut hingga Anda sepenuhnya berkomitmen untuk menghafalkan Quran.

7. Bebas dari gangguan lingkungan sekitar

Menghafal Quran lebih baik di tempat yang terpencil dengan sedikit gangguan atau tidak ada gangguan sama sekali. Dengan memastikan lingkungan yang tenang, Anda akan lebih fokus dan dapat mengulang apa yang Anda hafal.
Sebagai contoh, seperti yang telah kami sebutkan di poin pertama, menghafal pagi hari sangat efektif karena minimnya gangguan pada waktu itu. Selain itu, Anda matikan ponsel dan laptop dan hanya berfokus pada Al-Quran sehingga dapat meningkatkan aktifitas hafalan.

8. Mengulang yang Anda hafal sebanyak mungkin dalam satu hari

Dalam menghafal Al Quran, dianjurkan untuk mengulang setiap ayat yang sudah Anda hafal. Anda dapat menggunakan 3 metode berikut untuk memastikan bahwa Anda mempertahankan segala sesuatu yang telah Anda pelajari:

  1. Mulai menghafal baru di awal hari
  2. Mengulang ayat-ayat yang Anda hafal dalam minggu sebelumnya, sebelum Anda memulai hafalan baru. Biasanya, ketika menghafal ayat baru, ayat sebelumnya sering dilupakan. Oleh karena itu, mengulang bagian sebelumnya terbukti menjadi pemanasan yang baik untuk otak Anda.
  3. Selain itu, Anda akan sanggup menghubungkan antara ayat-ayat sebelumnya dengan ayat-ayat yang baru akan dihafal.

Selanjutnya, ketika anda akan memulai ayat-ayat yang baru lagi di halaman selanjutnya, anda harus mengulang hafalan ayat-ayat dari pertama kali anda hafal. Anda dapat menggunakan aplikasi menghafal Quran untuk menjaga diri tetap sejalan dengan tujuan menghafal Anda.

Kesimpulannya, Anda akan menemukan bahwa tidak peduli seberapa sibuk Anda, jika Anda mencoba dan menerapkan Cara Menghafal Quran untuk Orang Sibuk yang disebutkan di atas, Anda akan mampu menghafal Quran sedikit demi sedikit dan akhirnya menghafalkan seluruh Quran.

Namun demikian, kunci untuk menghafal Al Quran adalah konsistensi, dedikasi, dan kerja keras. Selain itu, dengan ketekunan, tidak hanya akan menambah iman dan taqwa Anda, tapi begitu akan Anda harga diri dan kepercayaan diri.

Sebelumnya Anda disibukan urusan dunia, Akhirnya anda disibukan urusan Akhirat

Allahu A’lam.

Tinggalkan komentar